Monday, January 5, 2015

2014


Tahun 2014 adalah tahun penguji mental buatku, walaupun aku banyak menerima berkat materi berlimpah sampai tumpah-tumpah tetapi pada saat yang bersamaan, kesabaranku juga berada pada emotional ups&downs as if I'm riding a roller-coaster ;) Pasti orang-orang melihatku happy-happy saja karena selalu posting foto lunchie-punchie dengan teman sana-sini dan juga aku nggak pernah posting status sedih/galau di media social... Terus terang, aku nggak suka exposed hal nyinyir di medsos karena aku malas bikin orang lain juga ikutan susah baca drama hidupku, sehingga segala sesuatu yang bersifat sedih ya aku simpan sendiri dalam doa & sesekali juga aku curhat sama teman dekat... 

Syukur banget karena aku bisa melewati semuanya... Bisa menahan diri, melakukan banyak self-talk dan bisa lebih fokus pada diri sendiri... Diantara semua tahun yang aku lewati, aku paling bangga sama diriku sendiri pada performaku di tahun 2014 karena aku lulus ujian dalam menahan diri / self-control. Salah satu contohnya adalah: aku berhasil untuk menahan hawa nafsu membeli tas hahahahah ;) Ini kesannya sepele bagi orang lain, tapi bagiku hal ini adalah pencapaian besar karena aku berhasil mengalahkan hal yang paling aku sukai. Masing-masing individu pasti memiliki pergumulan sendiri, bila orang lain menghambakan diri kepada rokok, alkohol ataupun traveling, maka aku termasuk perempuan yang tidak bisa tidur tenang tanpa tas hahahha ;) Selama ini tas merupakan hal yang paling membuatku senang dan bahagia... Makanya aku bilang bahwa 2014 merupakan pencapaian terbesarku karena sepanjang tahun aku bisa menahan diriku untuk tidak mengikuti hawa nafsu ;) Walaupun sebenarnya saat Paris trip lalu, aku bisa langsung gesek credit card atau pakai fasilitas installment payment tapi dengan sekuat tenaga, aku bisa nggak melakukan itu semua ;) Ada tertulis bahwa sesungguhnya, ilmu berpuasa yang sejati berinti-sari pada keinginan untuk menahan diri terhadap rasa kedagingan kita, bukan hanya tentang menahan haus dan lapar tetapi bagaimana mengontrol diri kita dari hawa nafsu yang fana...

Jadi kalau ditanya tentang kesanku tahun 2014 maka aku dengan bangga akan share cerita ini kepada semua orang, bahwa aku telah berhasil melewati ujian kesabaran dan belajar tentang menahan diri sampai titik maksimal ;) 

Bagaimana dengan kamu?