Wednesday, October 29, 2014

Perawatan Rambut Keriting




Ini daily routine aku dalam rangka perawatan rambut keriting ;) Sudah setahun ini aku gak potong rambut, rencananya mau di panjangin biar eksotis kayak perempuan Yunani yg rambutnya keriting indah menjuntai panjang heheheh ;) 

Perawatan ini aku lakukan setelah browsing di banyak halaman Google dengan kata kunci: curly hair treatment.

1. Jangan mencuci rambut terlalu sering, disarankan untuk mencuci rambut tiap 3 hari sekali supaya tidak kering dan rontok saat rambut basah. 

2. Jangan menggosok rambut dengan kuku karena akar dan kulit kepala akan rusak. 

3. Setelah memakai shampoo, lanjutkan dengan pemakaian conditioner supaya kadar minyak dan kelembaban dalam rambut tetap terjaga, aplikasikan conditioner ke rambut dan hindari akar rambut, minimal 3 menit lalu dibilas. Conditioner yg leave-on bisa dipakai juga tapi aku gak suka karena kalau sudah kering biasanya menimbulkan bintik putih di rambut jadi aku pakai yang bisa langsung dibilas. 

4. Disarankan mencuci rambut dengan air dingin karena kalau pakai air panas, rambut jadi kering dan bisa mudah tercabut dari akar. 

5. Setelah dibilas, gunakan kain katun untuk mengeringkan rambut dan tidak memakai handuk karena kadar minyak dalam rambut bisa cepat hilang ketika dikeringkan dengan permukaan handuk yg kasar sehingga rambut jadi mudah rontok. Cara mengeringkan rambut juga tidak boleh dengan menggosok atau menarik, tapi dibiarkan saja tergerai lalu ditadah dengan kain katun (seperti kaos) diatas pundak. 

6. Memakai hair tonic dengan bahan yg TIDAK menggunakan alkohol, lihat ingredients baik-baik yah. 

7. Memakai serum / hair mask seminggu sekali untuk membantu memperkuat rambut, bisa juga dipakaikan buah asli spt: alpukat, tomat, jeruk secara langsung ke rambut supaya akarnya kuat, solusi alami untuk rambut kita, bebas bahan kimia, pengawet dsb. 

8. Menurutku creambath hanya bikin rambut tambah rontok karena pengerjaannya itu pakai acara tarik menarik rambut, jadi biasanya aku ke salon hanya untuk hair mask (rambut diberi masker/vitamin) dan pijet pundak hehehehe ;) 

9. Trim rambut bisa dilakukan 3 bulan sekali supaya akar tidak terlalu berat menahan beban panjangnya rambut. Tapi tahun ini aku lagi gak ke salon soalnya pingin cepat-cepat panjang hahahahah ;) 

10. Rambut keriting sebenarnya mudah diatur, tinggal pakai hair gel untuk bikin efek gelombang tapi aku biasanya pakai hair serum supaya lebih banyak vitaminnya walaupun pasti lebih tahan pakai hair gel sih... 

11. Aku gak suka melakukan hair extension, hair-color, lurusin atau rebonding rambutku karena aku sudah coba semua itu dan hanya bikin rontok, botak & pitak jadi aku sudah kapok, lha wong gak diapa-apain aja rambut keriting ini kan sebenarnya mudah rontok apalagi sering kena segala macam zat kimia... Jadi aku sudah gak mau lagi dan sekarang hanya pakai bahan alami untuk rambutku...