Wednesday, December 4, 2013

menjadi orang besar


Bila ingin menjadi orang besar, adalah mutlak untuk menanggalkan segala bentuk keegoan diri. Dia tidak lagi berbicara tentang dirinya, keinginannya, ataupun kepentingan golongannya. 

Dia harus memiliki hati yang besar, hati yang menerima hal baik juga buruk dari segala keputusan yang telah dibuatnya. Hati yang siap menerima kepahitan atau buah manis dari tindakannya.

Orang yang besar adalah orang yang bijaksana, pemaaf, berjiwa besar dan senantiasa dipenuhi dengan hikmat. Dia tidak cepat marah, tidak hidup berlama-lama dengan dendam, dengki dan kebencian, dia menerima perbedaan juga pertentangan sebagai keberagaman dan kekayaan hidup.

Orang yang besar adalah Bapa bagi semua individu, Ayah bagi semua golongan dan juga sahabat bagi siapa saja. Dia tau bahwa dia tidak dapat berdiri sendiri tanpa dukungan dari keberagaman. Dia tau dirinya dicintai oleh sukunya, tapi juga memiliki kesadaran penuh bahwa dia dibutuhkan oleh suku dari seberang.

Orang besar adalah orang yang mengikhlaskan hidupnya untuk dikendalikan oleh keadilan dan kejujuran. Dia merelakan hatinya untuk diperintah oleh kebenaran, dan bukan oleh emosi ataupun keinginan menggebu-gebu untuk menjadi lebih.