Thursday, December 12, 2013

Food Combining yang Menyehatkan


Saya dan Heng melakukan food combining sejak September 2013 dan patuh dengan aturan yang diinstruksikan setiap hari. Setelah bangun pagi, minum 1-2 gelas air putih hangat, dilanjutkan lagi dengan segelas jeniper - jeruk nipis peras, menunggu 20-30 menit lalu sarapan dengan sarapan buah, lalu pada pukul 10 diselingi dengan jus buah. Makan siang diisi dengan pilihan: sayur & daging putih/merah atau karbohidrat & protein nabati (sayur/tahu/tempe). Makan malam pun dengan rumus yang sama. 

Sejak melakukan food combining, saya dan Heng juga telah mengurangi konsumsi teh & kopi. Sekarang kami fokus pada teh & kopi yang berbahan dasar organik, itupun hanya sesekali. Kami juga mengurangi konsumsi roti yang disinyalir mengandung banyak pengembang, pengawet & pewangi. Segala macam snack, wafer, chiki, dll sudah tidak kami konsumsi rutin seperti dulu. 

Hasilnya, saya benar-benar fit & tidak lagi mengalami kendala BAB :) Dulu, hampir setiap hari saya kesusahan BAB, sering mengejan bak orang yang hendak melahirkan dan bila feses keluar, pasti diiringi dengan aliran darah segar mirip seperti darah menstruasi :( Akibat pola makan yang buruk & ketidaktahuan tentang pentingnya serat dalam tubuh, sejak SMA saya memang sudah terkena masalah wasir. Tapi sekarang ajaibnya, saya bisa BAB sebanyak 2-3 kali sehari hakhakhak :) Hal lain yang paling bikin takjub adalah, sejak melakukan food combining, Heng sudah terhindar dari batuk berlendir yang melanda setiap subuh & malam hari. Di kota tambang ini, udara memang cukup dingin, apalagi Heng hampir tiap hari masuk ke dalam tanah untuk check tambang undergroundnya, jadi selain hawa dingin yang ekstrim, Heng juga terpapar debu (debris) dalam jumlah banyak. Akibatnya, tiap hari Mister Busy Man selalu terserang batuk yang suara & getaran batuknya itu maha dahsyat karena bisa merobohkan gunung sangking kerasnya :) 

Mungkin karena perasan jeruk nipis yang kami rutin konsumsi tiap pagi itulah yang memberikan efek detoksifikasi hati sehingga membantu fungsi hati untuk pulih & mempercepat menghilangkan toxin yang masuk dalam tubuh. Kandungan buah pepaya yang hampir setiap hari hadir dalam menu sarapan pasti meninggalkan banyak khasiat vitamin C yang berfungsi sebagai antibiotik alami dalam tubuh yang membantu melawan kuman sehingga segala macam penyakit bisa sirna. 

Saya sendiri baru merasakan khasiat food combining setelah kembali terkena wasir saat cuti ke Jakarta kemarin karena nakal dan tergoda iman untuk kembali ke pola makan sebelumnya yang "semau gue" :) Dan benar saja, tepat di hari pertama meninggalkan sarapan buah berikut rumus lunch - dinner diatas, langsung terjadi pada hari itu juga, tubuh saya bereaksi keras melawan makanan-minuman tak sehat itu & kembali ke penyakit asal: susah BAB juga kambuhnya wasir. Doeh sejujurnya, cuti ke Jakarta kemarin itu benar-benar pembelajaran bagi saya untuk menahan diri terhadap godaan makanan & minuman yang justru memberikan efek tidak baik bagi tubuh. Memerlukan komitmen & disiplin diri yang kuat untuk menjalankan food combining & pola hidup sehat. Semoga cuti berikutnya saya bisa lebih mawas diri :) 

Sebab, kesehatan adalah harta yang paling berharga :) 

Because, health is our ultimate wealth...




---

Find those books and have a great insight about staying healthy!