Saturday, August 17, 2013

Menjaga Berat Badan


Saya prihatin tiap kali denger cerita aneh-aneh tentang cara penurunan berat badan dari teman-teman dekat... Ada yang mengeluarkan ongkos pijat 800ribu per satu kali datang untuk kurus, ada yang membeli suplemen makanan dari berbagai produk hingga jutaan rupiah, ada pula yang bela-belain hanya makan sedikit mirip pengemis selama berbulan-bulan, atau cerita dari teman baik yang membeli treadmill tapi alat tersebut hanya tersimpan manis di ujung tempat tidur, bahkan ada juga yang rela membeli korset bustier seharga belasan juta rupiah...

Agak miris mendengar cerita dari teman-teman... Saya sendiri paling ga suka mencoba hal aneh-aneh untuk menurunkan berat badan karena pada prinsipnya, penurunan berat badan hanya bisa dicapai dengan pembakaran kalori. Untuk menjaga berat badan pun begitu, kalori dan lemak harus dibakar secara continue... 

Sudah 2 tahun ini saya rutin berolahraga untuk menjaga berat badan. Saya tidak suka dengan konsumsi obat atau vitamin karena tidak mau memiliki terlalu banyak kandungan kimia dalam darah. Saya juga tidak mau terlalu banyak mengeluarkan biaya dengan membeli ini atau itu karena menurut saya lebih baik uangnya disumbangkan kepada yayasan lain yang lebih memerlukan uang dibanding saya yang hanya memerlukan uang tersebut hanya untuk masalah berat badan :) Maka prinsip yang saya jalankan hanya sesuai anjuran dokter:

"Berolahraga yang baik itu harus dilakukan secara continue melakukan cardio workout diatas treadmill / cross trainer dengan formula: 50 menit setiap 2-3hari sekali, 5 menit awal : pemanasan, 20 menit : pembakaran gula, 20 menit : pembakaran lemak & 5 menit akhir : pendinginan"

Dan yang terlebih penting dari semuanya adalah; olah raga harus dilakukan sebagai aktivitas yang menyenangkan... Lakukanlah dengan hati yang senang...

----

Demikian tips menjaga berat badan dari saya. Saya melakukannya untuk memiliki badan yang fit, side effectnya tidak hanya sehat tapi juga kurus dengan cara hemat dan sehat :)