Friday, August 16, 2013

Animal Defenders Jakarta


Hello Lovelies!

Kemarin saya dibuat terenyuh dan mewek-mewek setelah nonton Metro TV. Ternyata di Indonesia (khususnya di Jakarta) masih banyak anak-anak muda yang memiliki hati sangat mulia untuk mengabdikan hidupnya dalam membantu hak hidup binatang, khususnya anjing & kucing. Para anak muda yang berhati mulia ini tergabung dalam organisasi nirlaba bernama Animal Defenders. You guys could check out their website at http://animal-defenders.net and I'm so thankful for them, as you all know that I love love love dogs. May God bless their heart... My mom taught me to love dogs and to have a compassion towards the animal since I was a kid, even up until now, we still have lots of dog in my mom's home at Cijantung. We're both even think that if reincarnation do exist, in our past life that before we were born, hundred years ago, we are probably: a dog :-)

Tapi sepertinya kadar kecintaan terhadap hewan anjing dari Mama saya lebih parah... Sangking cintanya, Mama bahkan dengan rela hati menampung anjing-anjing yang sudah tidak dipelihara oleh pemiliknya yang dibiarkan berkeliaran di jalanan. Mama dengan rela hati memberikan makanan dan memelihara mereka di rumah. Karena saya di Papua, dan tidak bisa turun tangan langsung, jadi bagian saya hanya sebagai donator setia saja ^_^ hihihihi :-)

Anyway, kalau boleh jujur dan terus terang, rasanya hati saya seperti disayat-sayat setiap melihat perlakuan manusia yang keji terhadap binatang. Saya sering kali miris dan sering kesulitan bernafas setiap kali membaca atau melihat perlakuan yang kejam bagi anjing, kucing dan hewan lainnya. Mahatma Gandhi once said: "The greatness of a nation can be judged by the way its animals are treated". Salah satu indikator dari negara yang berjaya adalah memiliki masyarakat yang bermoral. Tak heran bila kita meilirik di negara adidaya, perilaku masyarakatnya dalam berkehidupan dilandasi dengan hati yang menghormati hak dari seluruh makhluk hidup (termasuk binatang). Di Arizona, saya banyak melihat animal shelter, animal hospital dan bahkan lebih dari itu, saya melihat ada banyak orang yang memiliki hati untuk menyayangi binatang.

Setelah pindah ke Indo, dari relung hati terdalam, saya merindukan kiranya hak hidup binatang juga turut diperhatikan, tak perlu memanjakan binatang dengan berlebihan, tapi dihormati dengan sebagaimana mestinya. Anjing yang tidak bersalah dan tidak tau apa-apa, jangan dijadikan sasaran kemarahan, jangan dilempar, jangan dipotong ekor/kakinya, atau lebih parahnya lagi: dijadikan menu santapan makanan... Khusus untuk alasan terakhir, saya sangat prihatin. Di beberapa negara berkembang, saya menemukan banyak menu santapan makanan dengan hewan anjing sebagai salah satu bahannya (misalnya di Indonesia & di Vietnam). Mohon maaf, saya bukan vegetarian tapi sejak kecil, hati saya tidak bisa menerimanya... Menurut saya pribadi, anjing adalah teman...

Menelisik lebih dalam, anjing adalah hewan paling setia... Hal ini bahkan telah menginspirasi film Hachiko (based on trus story) tentang kesetiaan seekor anjing yang menunggu tuannya datang dan turun dari statius kereta setiap hari hingga bertahun-tahun bahkan setelah tuannya meninggal, Hachiko masih terus dengan setia menunggu tuannya datang hingga akhirnya Hachiko meninggal di stasiun kereta tersebut. You could find Hachiko statue at Shibuya station - Japan, it's not a statue but to many people, it's a symbol of loyalty.

Anyway, untuk menutup cerita ini, saya ingin mengetuk hati Teman-Teman untuk dapat bergabung dengan masyarakat pecinta binatang di banyak negara, bila ada waktu mungkin kita dapat membantu menjadi volunteer... Bila tidak memiliki waktu, mungkin dengan sedikit uang receh dapat kita berikan untuk memberkati keberlangsungan hak hidup dari binatang di dunia... Bila belum punya waktu atau belum sempat memberikan donasi pun tak apa-apa, mungkin kita bisa memulainya dengan tidak memperlakukan hewan semena-mena, tak perlu memelihara, cukup laporkan saja hewan tak bertuan tsb ke hotline Animal Defenders. Dengan menghormati hak hidup binatang, kita telah menjadi pusat dari bangsa yang bermartabat, pusat dari kasih sayang dan menjadi contoh bahwa manusia masih memiliki hati...

----

(kembali menulis setelah merasa keterlaluan karena mampu mengoleksi tas segala rupa tapi belum pernah berdonasi untuk hak hidup binatang... Saya telah memulainya di bulan Agustus ini, ketika Indonesia sedang berulang tahun, wujud cinta saya adalah dengan mengambil bagian bersama masyarakat Indonesia yang bermoral, bermartabat, memiliki kasih sayang & berhati mulia dalam keberlangsungan hak hidup binatang...)

Bagaimana dengan panggilan hatimu, Kawanku...?


http://nisyeworu.blogspot.com