Monday, July 22, 2013

Angel Comes in Many Forms...



I believe that angel comes in many forms. Saya sangat percaya bahwa malaikat dapat berbentuk apa saja, dapat datang dalam kehidupan kita kapanpun kita butuhkan, dalam kondisi terberat sekalipun, untuk menolong dan memberikan kita kekuatan...

---

Saya percaya, masing-masing orang pernah bertemu malaikatnya. Tuhan mendatangkan malaikat itu untuk membantu kita menggenapkan rencanaNya, juga sebagai pembuktian bahwa Dia Sang Maha Pengasih selalu mendengar doa dan perkataan hati... Saya pertama kali bertemu dengan malaikat itu sehabis pulang kerja di bulan April tahun 2007. Pertemuan singkat yang terjadi ketika kuliah saya pada tahap menyelesaikan skripsi Bab 2 yang kala itu sepertinya "tak berakhir" dan "hampir D-O" alias "madesu". Malaikat itu berdiri dihadapan saya dengan sepasang mata teduh, hidung yang mancung dan berkepala botak plontos. Jauh dari deskripsi malaikat kebanyakan yang memakai baju putih, bersayap lebar dan berkilauan. Malaikat yang Tuhan kirimkan untuk saya justru pada sore itu memakai baju hitam, jeans biru donker & berkamata. Tak banyak yang kami bicarakan sore itu. Namun keesokan harinya, saya dan sang malaikat sudah asyik ngobrol di Chatter Box - restaurant sebelah kantor dan menyantap Hainam Chicken Rice. Endless topic We've discussed at that time, although We just met for 2 days, somehow We're just connected to each other.

Setelah percakapan di Chatter Box. Malaikat tersebut semakin memainkan peranan penting dalam hidup saya. Saban hari, setiap cuti, dia membantu menggali ide pemikiran skripsi Bab demi Bab yang karena kesibukan dan kejenuhan kerja, tidak dapat saya kerjakan dengan baik. Saat itu, saya berkuliah sambil bekerja 7am to 6pm, senin - jumat di perusahaan tambang. Pada malam hari & weekend, saya mengajar bahasa Indonesia untuk 4 expatriate. 24 jam rasanya kurang. Saya menjadi terlalu sibuk dan tak punya waktu untuk mengerjakan hal maha penting dalam kuliah: penyelesaian skripsi. Entah karena sudah keasyikan kerja, atau karena sudah merasakan enaknya punya duit sendiri, sehingga saya lupa dengan tugas maha penting tersebut, tetapi sesungguhnya, dalam relung hati terdalam: menyelesaikan skripsi yang sudah terkatung-katung selama 2 tahun ini adalah hal yang paling saya rindukan dalam hidup.

Saban hari saya membathin kepada Tuhan, semoga saya diberikan kekuatan dan bantuan untuk menyelesaikan S-1. Bagi saya, hadiah terindah dari seorang anak kepada orang tuanya adalah berhasil menyelesaikan pendidikan dan memberikan gelar sarjana.... Dari semua doa dan syafaat yang telah saya naikkan kepada Tuhan, akhirnya Yang Maha Kuasa mengirimkan bala bantuan kepada saya. Teman-teman dekat yang tak henti memberikan support, juga malaikat berkacamata yang setia, tidak hanya meminjamkan laptopnya tapi juga mencurahkan energi untuk penyelesaian skripsi ini.

Setelah bulan-bulan panjang penuh kerja keras, skripsi ratusan halaman itu akhirnya terselesaikan juga. Masih segar dalam ingatan, ketika sidang skripsi, saya memakai blazer & rok warna pink muda, saya menelpon malaikat dibawah terik matahari, di depan kampus. Saya bilang kepadanya bahwa saya dikasih nilai A oleh dosen penguji. Dibalik telepon, saya dapat mendengar suaranya yang gembira. Dalam waktu 6 bulan saja, skripsi tersebut selesai oleh kolaborasi saya dan malaikat berkacamata. Saya dan dia adalah team. Kami satu team. Kebahagian ini adalah kebahagiaan bersama. Kemenangan ini adalah kemenangan bersama...

---

Malaikat itu ada.

Saya percaya malaikat dikirimkan Tuhan dapat berwujud apapun. Seperti malaikat berkacamata yang Tuhan kirimkan untuk menolong saya menyelesaikan skripsi saat ide dalam otak mandek selama 2 tahun dan hanya doa yang bisa saya panjatkan saat semua jalan berujung buntu...

Saya percaya malaikat ada di sekitar kita. Dia memuntun kita saat kesasar jalan. Seperti ketika saya dan Heng sedang mencari nomer rumah di Jalan Kajeng Ubud, lalu tiba-tiba seorang pria dengan sepeda motor yang entah datang dari mana, menunjukkan arah jalan menuju rumah tersebut...

Malaikat itu ada. Saya dan kamu hanya perlu berdoa untuk melihat jalanNya.