Monday, March 4, 2013

Timika. Patut Kunjung.



Timika gak semenakutkan yang dikira banyak orang Indonesia. Timika tidak melulu berkonotasi negatif. Saya sudah memutuskan untuk mencintai Papua seutuhnya, termasuk juga Timika. Saya akan menuliskan beberapa rekomendasi tempat favorite yang selalu saya kunjungi setiap ke Timika. Tidak tiap minggu saya kesini tapi setiap ke Timika, saya selalu happy karena Timika punya daya tarik tersendiri. Kalau masih pada bingung mau ngapain aja di Timika, here's some things to do in Timika (my version...)

1. Rimba Papua Hotel a.k.a Sheraton Timika Hotel.
Tempat ini wajib kunjung nomer pertama bagi saya. Hotel paling unik yang pernah saya temui. Dibangun dengan akar budaya yang kuat, wawasan kita tentang Papua akan lebih mendalam setelah nginap disini. Ada banyak ukiran Asmat & Kamoro yang dipajang. The Arts and Crafts were carefully chosen. Cita rasa yang mendalam tentang seni dan budaya Papua, ada disini. Kalau lagi jenuh, restaurant Crab Pot di sisi kolam renang bisa sangat memberikan efek ketenangan. Kolam renang dan taman tropis, plus es jeruk segar dan semilir angin, cukup meredakan stress. Hal lain yang saya suka adalah, di lantai ground terdapat toko kerajinan tangan, kita bisa memilih aneka ragam ukiran Papua mulai dari perahu/canoe, tifa hingga ukiran dinding. Selain itu, di lantai atas tepat setelah lobby, saya menemukan 1 spot menarik: piano & ruang duduk. Saya menamakannya little sanctuary. Heng biasa memainkan 1-2 lagu lewat piano ini, sementara saya mengagumi patung-patung Papua yg berdiri megah disisi kiri kanan dinding.

2. Arts & Crafts di sepanjang jln Ahmad Yani.
Ini wajib kunjung nomer 2. Saya selalu menyempatkan ke tempat ini karena bisa melihat banyak ukiran Papua berbagai jenis model dan warna. Saya mengoleksi semua ukiran ini mulai 2011 dan rumah saya sudah mirip galeri kecil untuk memuaskan rasa cinta yang ada terhadap ukiran-ukiran ini, They're just like my babies. Toko di sepanjang Jl Ahmad Yani ini seperti oase bagi saya yang menggilai ukiran Papua.

3. Aneka Batik Papua di jln Budi Utomo.
Ini wajib kunjung nomer 3 karena saya suka fashion. Biasanya saya beli batik papua disini, entah untuk saya jahit atau untuk baju Heng, dan juga untuk oleh-oleh teman-teman di Jkta.

4. Seafood 212 di jln Hasanuddin
Kepiting lada hitam, cumi bakar & udang asam manis. Enaknya minta ampun. Kolesterol naik sampe 200 juga sebodo teuing dah ahhh :-) Resto ini Sebenernya ada juga di Jln Belibis tapi tempatnya kakii lima, saya suka di Jln Hasanuddin karena lebih bersih.

5. Nasi Kuning Daging Rusa di perempatan lampu merah Diana
Nasi kuningnya pulen deh. Warung ini udah buka dari jam 7 pagi dan antreeeenya naujubile min jalik lambreta ya makkk... Enak sih makanya dia laku bgt ya... Pagi-pagi saya selalu menemukan temen-teman kantor Freeport juga pada antreee hehehhe :-)

6. Nyiur Melambai (jalan deket Airport)
Harus coba Kangkung Cah Bawang Putihnya. Kenapa ya rasanya enak bgt dan kangkungnya masih hijau walopun udah dimasak dan ditinggal 1jam? Deuhhh ikan goreng sambel dabu-dabunya juga endang estaurina deihhh...

7. Manna Bakery
Enak deh Manna ini jual kue lontar dalam cup-kecil jadi mam-nya ditakar :-) Ada roti coklat & roti lain juga. Wajib kunjung karena rotinya lumayan enak, masih hangat disajikannya dengan tray & lumayan bersih.

8. Yummie Bakery di Diana Dept Store
Semacam cafe kecil, didalamnya ada roti dan kue. Bisa wi-fi gretongan juga. Deket mana-mana jadi bisa sambil nemenin suami/istri belanja di Diana, kita browsing internet sambil ngopi/ngeteh.

9. Coto Mangkassara di Belakang Aldi's Salon

ini enak & bersih. Walopun tdk ada buras tapi dagingnya lembut. Tempat makannya juga asik, nuansa kayu-kayu gitu. Empingnya juga lumayan deh kriuk-kriuk. Coto paru-dagingnya selalu bikin saya batal jadi vegetarian.

10. Aldi's Salon
Harus coba creambath & massage disini, bukan pijat yang macam-macam tapi murni pijat untuk mengobati kecapean. Harganya pantas dan tempatnya bersih, kapsternya juga tidak asal-asalan.

11. Kokonau Fresh di Jln Hasanuddin
Kalau mau cari ikan segar (ikan laut apa saja), kepiting, udang, dan hasil laut lain, saya selalu kesini, harganya murah dan tanpa pengawet. Saya kenal dengan ownernya dan dia selalu kasih diskon heheheh :-) Namanya Leo Maturbongs. Go ask special price from him, he's willing to help & pack your stuffs as well.

12. Perbankan
Tentunya selaku ibu-ibu, dueh saya selalu punya banyak urusan perbankan, untungnya di Timika sudah ada banyak bank. Selain Bank Mandiri, BRI, CIMB Niaga, Bank Papua, Bank Danamon, ada juga BNI & Panin Bank yang baru berdiri. Saya sangat terbantu dengan hadirnya bank-bank ini karena urusan rumah tangga seperti autodebet untuk bayar listrik, air, kartu Halo, dll bisa saya daftarkan dari kantor cabang Timika tanpa perlu capek-capek ke Jkta.

13. Kuala Kencana
Yang belum pernah kesini harus coba nih... Saya selalu seneng tiap diajak kesini, Kotanya teratur, bersih dan indah. Tiap kesini saya pasti mampir ke Oriental Resto untuk icipin Sapi Lada Hitam dan Bebek Goreng Kremesnya masha allah nikmat dunia...

14. Pasar Baru
Namanya ibu-ibu, kayanya ga pernah puas kalo belum ngubek-ngubek pasar tradisional. Saya pernah kesini untuk beli ikan kakap merah dan bumbu :-) pasarnya bersih dan lumayan banyak yang jualan. Pilihannya banyak :-) Suka!

15. RM Padang Lancang Kuning di Jln Serui Mekar
Harus coba ayam goreng balur telurnya :-) enak bgt deh... sumpah, kalo siang-siang kesini trus makan ayamnya pake sambel ijo, nikmat dunia selesai sudah :-)

16. Baso Kepala Sapi di deket Masjid Babusalam
Enaknyoooooo... Anget-anget :-) Basonya tanpa pengawet dan kuahnya segerrrrr...

17. Penjahit Baju di Jln Serui Mekar
Lokasinya depan RM Lancang Kuning, tempatnya bersih dan gede, lumayan profesional dalam jahitan.

18. Toko Emas dkt Pasar Lama
Di sepanjang jalan ini banyak toko emas yang jual berbagai motif emas perhiasan dengan aksen tifa, honai atau motif ukiran papua lain... cantik-cantik deh...

19. Diva Karaoke di Jl Budi Utomo
Mari salahkan Iliam dan Pak Bongs untuk pilihan ini :-) Lumayan bersih dan prof deh nyenyong disindang... Stress reliever. Ini karaoke beneran, bukan tempat aneh-aneh. Pokonya untuk nyanyi dan hang-out sama temen2 pas bgt disini.

20. Makan Papeda di Dapur Mama
Alamatnya tuh di jalan raya Timika menuju Kuala Kencana, tempatnya di pinggir jalan. Papedanya enak sekali, kuah kuningnya seger...

Timika is a new developing town offering much excitement if you could do it in a right way....

*wear your repellent all the time :-)