Saturday, February 9, 2013

dari kita, untuk semua...


Kebanyakan orang Papua (dan atau orang Indonesia Timur lainnya) bertumbuh, berkembang, bersekolah dan menjadi besar biasanya karena bantuan dari saudara-saudara sekampungnya. Orang dari Kabupaten Sorong terkenal dengan kebiasaan mengumpulkan uang beramai-ramai untuk membiayai saudara sekampung mereka yang sedang bersekolah. Luar biasa! Community system seperti ini yang membangun mereka untuk menjadi besar dan berguna bagi bangsa. Mungkin ada begitu banyak kebudayaan dari suku lain yang memilik latar belakang sama dengan cerita diatas.

Heng salah satu putra Papua yang telah menjadi besar karena dukungan/support dari keluarga, saudara & komunitasnya. Kerap kali, saya & Heng bertanya, apa yang dapat kami berdua lakukan untuk mengucapkan rasa syukur kami sekaligus menyuarakan kepada khalayak ramai bahwa kami besar, bukan hanya karena kerja keras namun berakar dari community support yang luar biasa di sekeliling kami. Kami ingin menjadi teladan dalam community support ini sebagai wujud tanda terima kasih.

Tercetuslah ide, mungkin satu hari nanti, kami berencana akan membangun ini dan itu. Namun sebagai langkah awal, kami sepakat memulainya dari keluarga.

Memulai dari keluarga saya & keluarga Heng. Mengumpulkan anak-anak, sepupu, keponakan, dan apalah nama hubungannya itu untuk kami bantu biaya pendidikannya. Satu demi satu terkumpul akhirnya menjadi bintang-bintang kecil masa depan. Saya sering malu kalau bisa jalan-jalan overseas, tapi belum bisa bantu bayar uang susu ponakan. Saya sering merasa nyinyir ketika membeli tas branded tapi belum bisa membantu bayar SPP saudara yg membutuhkan. Ketika didera rasa bersalah seperti itu, saya selalu bertanya pada diri sendiri, bila saya mampu plesiran sana-sini & belanja gila-gilaan, harusnya saya mampu membantu saudara sekampung (atau bahkan sapapun) yg sedang membutuhkan. Setiap bulan, akhirnya saya & Heng memutuskan menyisihkan uang untuk kebutuhan ini. Saya menyebutnya dengan kata: kebutuhan, karena dengan memberi & melihat orang lain hidup bahagia adalah salah satu kebutuhan dari bathin kami berdua.

Aa Gym selalu berkata: dengan niat, mulailah dari hati, mulailah dari yang kecil dan mulailah sekarang juga.

Mahatma Gandhi once said: Be the change you wish to see.

---

P.S: Yuk, mulai bantu komunitas kita. By helping them, we are building a better future.


This is called a community support.
And the community is calling you. They're calling out your name loud, you just have to listen with your heart...