Friday, August 24, 2012

Rejeki Gak Jauh...


Aku pernah denger orang bilang kalau kita kerja bagus, rejeki itu gak jauh...

Dulu waktu aku masih kuliah, aku pernah melamar di perusahaan head-hunter asing, temenku Julise udah kerja disitu sebagai head-hunter junior dan dia yang nawarin aku kerja disitu, kantornya di WTC Sudirman, kalau ga salah itu tahun 2005 dan aku masih muda banget bahkan masih skripsi, aku masuk kantornya terkagum-kagum karna it's a fancy office, located at the heart of Jkta's CBD (central business district-nya bow...) aku sempet kaget waktu liat bos-nya Julise ternyata expat dari Prancis, lebih kaget lagi setelah denger bahwa seniornya Julise yang udah jadi head-hunter senior disitu kalau kerjanya mencapai target, bonusnya bisa hit puluhan juta :-) Wakkk Wauuww :-)

Jaman itu aku cuma bisa termehek-mehek liat gaya hidupnya Julise deh :-) Lebih kaget lagi pas tau seniornya Julise (Si Mbak cantik nan modis itu, ngeri banget deh masih muda tapi kok dia bisa pinter cari uang yak... Kerjanya pasti gila-gilaan hehehe).

Soalnya sodare-sodare udah pada tau kan, aku tipe perempuan yang pingin punya karir, suka banget kalau liat perempuan bekerja dengan bagus, independent dan diakui atas hasil kerjanya, pokonya bisa kenal dengan perempuan gila kerja gitu kan bener-bener bikin bangga :-)

Pas tahun 2006 aku kerja di Freeport Jkta, aku sempet diminta untuk handle acara kantor yang lokasinya di rumah Presdir. Suatu kehormatan besar karena dari event itu, aku bisa punya hubungan yang akrab dengan istrinya Presdir tsb. Selama beberapa hari aku dari pagi sampe larut malem di rumah sama Ibu sambil menangani acara itu. Satu hal yang aku inget adalah, sepanjang hari Ibu selalu nasehatin aku untuk kerja jujur. Jujur itu adalah ketika melakukan pekerjaan dengan setulus hati, sebaik mungkin, tanpa cacat-cela. Jujur itu adalah ketika kita being reliable to ourselves. Jujur itu adalah ketika kita datang terlambat ke kantor, kita mengganti jam kerja tsb dengan lembur yang sesuai. Jujur itu ketika kita berkata tidak untuk mengambil barang kantor yang bukan milik kita. Jujur itu ketika kita mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin tanpa manipulasi data dengan alasan 'asal bos senang'. Jujur itu ketika kita berkata iya diatas iya dan tidak diatas tidak.

Waktu itu aku ga gitu ngerti, tapi sejalan dengan banyaknya load pekerjaan dan aneka rupa masalah pekerjaan yang datang silih berganti, aku selalu terngiang dengan nasihat Ibu. Beliau juga pernah bekerja sebagai karyawan senior dan mengantarkan suaminya ke puncak jabatan tertinggi di perusahaan tambang, semua kalimat dari bibirnya adalah sebuah petuah tiada tara, tak ternilai harganya untuk aku. Ketika pekerjaan numpuk dan rutinitas mulai bikin jenuh, aku selalu inget kata-katanya Ibu: bekerja dengan jujur...

Aku kadang sering dongkol, idih kok orang itu bisa promosi sih, padahal kerjanya kan biasa ajah... (Heng bilang, ga bole iri sama rejeki orang heuheuheu). Aku juga sering mangkel, karena beberapa kali bonus tahunan yang aku dapat kok jumlahnya SEGI yak :-) Segitu-gitu ajah hahahha :-) Tapi etapiiii ternyata pas 16 Agustus kemarin aku baru nyadar tentang sesuatu:

1. Aku dapet SMS Banking, isinya: jumlah bonus tahunan yang jumlahnya fantastis abisss, aku sampe tergagap liatnya speechless ga bisa ngomong, keknya dengan hanya pake uang itu aja udah bisa beli tas Coach 10 bijik hihihi :-)

2. Bosku sms: "Nis, itu bonus hasil kerja keras kamu selama ini, terima kasih sudah support saya ya!"

3. Bos kirim sms lagi: "Nis, slama ini bonus kamu ga gitu gede karena selain kamu baru bergabung dengan departemen kita, saya perlu pertimbangkan karyawan senior lain yang bekerja sebagai kepala rumah tangga" :-) :-) :-)

---------------

Yukkk mareee...
Aku abis speechless langsung mao pingsan!

Alhamdulilah, sesuatu banget deh kalao ternyata selama ini hasil kerja kita dihargai oleh orang :-)

Terus terang, aku sudah rela kalau misalnya dapet bonus dengan jumlah kecil, aku cukup tau diri, aku rela bila hasil kerjaanku untuk kepala rumah tangga lain yang senior... Kadang uang bukan sesuatu yang penting untuk kita kejar, terutama saat kita sudah asyik dan tenggelam dengan ritme pekerjaan. Aku sendiri merasa sudah sangat cukup dengan gaji dan THR yang aku dapat. Ehhh ternyata disaat kita rela, malah hal yang gak disangka-sangka kejadian... Aku inget banget kata-kata kalau kita kerja bagus dan jujur, rejeki gak jauh... Sekarang, aku makin percaya dan makin semangat kerja... Uang bukan sesuatu yang penting, namun saat ini aku melihatnya sebagai suatu bentuk penghargaan dan pengakuan terhadap hasil kerjaanku, bagiku ini merupakan sebuah tanda terima kasih untuk semua pontang-panting dan jungkir balik yang telah aku lakukan...

Let's just keep on doing the best, the rest will follow...

Heng pernah bilang, biarkan hasil kerjaanmu yang speak up untuk dirimu. Kamu boleh jago ngomong di depan umum, boleh jago kritik ini atau itu, tapi kamu ga boleh lupa dengan job-desc-mu yang sebenarnya. Selalu lakukan yang terbaik. Kalau kamu seorang engineer, do your main responsibility as an engineer, make sure the line up, and get the project done on time. Kalau kamu sekertaris, do your best service and admin job perfectly. Begitu juga dengan kerjaan lain...

Aku selalu percaya, ada sesuatu yang baik menanti kita bila kita selalu melakukan hal yang baik :-)

Dan segala hal yang baik itu selalu dimulai dari diri sendiri...


Kita mulai yuukkk :-)