Sunday, July 15, 2012

Mengenal Yu Sing


Hampir saban weekend aku nonton acara arsitektur di TV. Sudah 2 kali design rumah tropikal karya Yu Sing membuat hati kepincut dag-dig-dug. Kemarin pada salah satu episode Dulux Let's Color, Yu Sing memperkenalkan konsep rumah tropis diatas lahan 200meter lengkap dengan kolam renang yang apik dan taman di area roof top. Design yang out of the box ini datang dari Yu Sing, pria yang mengenyam ilmu arsitektur dari ITB angkatan 94. No wonder why dia begitu mengakar, background sekolahnya makkk ga nahan... hihihi :-)

Langsung dong aku browsing namanya di google. Ternyata beliau punya blog yang wajib dikunjungi, karya design serta tulisan buah pikirannya tertuang jujur dan begitu mengena dihati pada blognya:

http://rumah-yusing.blogspot.com

Habis browsing, aku langsung ngadu ke Heng, eh ternyata Heng emang kenal sama seniornya itu hihihi :-) Sesama anak ITB (walopun Heng dari Tambang), tapi emang harus saling kenal, apalagi paling happy kalo punya banyak kenalan arsitek kan hehehe :-) Aku jatuh cinta sama keluhuran hati seorang Yu Sing dan komitmennya untuk membangun rumah murah bagi rakyat, juga idealismenya mengenai konsep arsitek yang tidak melulu harus menjadi miliknya orang kaya, aku terpesona dengan design arsitekturnya yang terilhami dari rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia seperti Rumah Betang, Rumah Panggung, Rumah Terapung, dsb.

Kalau boleh berkhayal, pingin deh punya rumah (lagi) yang designnya menggunakan jasa pemikiran seorang arsitek nasionalis yang filantropis ini.

Jangan lupa mampir ke blog beliau dan menemukan cerita inspiratif tentang arsitektur rumah Indonesia.


*image taken from indesignindonesia.com