Saturday, June 23, 2012

Tips Kurus


Temen-Temen... Aku mau share tips ngurusin badan dari aku :-) Well, sebenarnya awal ngurusin badan sih bukan tujuanku tapi ini efek samping yang aku dapet setelah rajin berolahraga selama setahun terakhir ini :-)

Jadi awalnya toeh, aku kan MCU tahunan dikantor, terus kata dokter, kolesterolku udah hit 226 (which is not good at all). Waktu itu beratku kalau gak salah sudah hit 60 KG. Sebenernya aku udah gaining weight sejak pindah ke Phoenix, disana kan porsi makan org bule bener-bener banyak, pertama-tama aku sering mam berdua sama Heng, lama-kelamaan jadi seorang seporsi hihihi :-) Apalagi disana kan banyak Starbucks, jadi pas sore-sore kita sering minum hot-choco sambil mamam avocado cake (bayangin deh 1 cup hot chocolate itu 130 kalori, avocado cake juga mengandung 230kalori) belom lagi tiap sabtu dan minggu kita berdua sering nongkrong di iHop mamam Pancake yg sumpah enyak bgt dan sambil nge-teh (1 cup teh dengan 2 sdt gula mengandung 80 kalori). Aeee matteee... Abis itu sampe Indo kan pulang kerja disini tempatnya dingin jadi males kemana-mana, maunya sampe rumah hanya nge-teh trus bobo dan gitu aja tiap hari... Akhirnya berat badanku naek extreme sampe smua temen-temen yang lama ga ketemu aku pada bilang: wow Nisye: kamu ndut banget... Lebih parahnya lagi, aku tipe orang yang kalo gaining weight langsung gendutnya di bagian peyut *auw-auw*

Berangkat dari semua itu, akhirnya aku buat komitmen untuk nge-gym... Awalnya aku hanya datang ke gym 3 kali seminggu, lama-lama aku usahain untuk dtg ke gym 5 kali seminggu. Aku cuma latihan cardio begini: pemanasan 5menit, naik ke treadmill, jalan dengan kecepatan 4.5 selama 5 menit, lalu jalan dengan kecepatan 5.5 selama 7 menit. Setelah kaki relax, aku lanjut running selama 40 menit non-stop (kadang berhenti kalau kaki sakit atau pingin minum), lalu cooling down 5 menit dan pendinginan di lantai selama 5 menit.

Latihan ini totalnya sekitar 60menit di gym selama 5 hari seminggu. Gak perlu 2 kali sehari, menurutku sekali sehari juga udah OK kok tapi harus konsisten selama beberapa lama dalam rentang waktu 5hari seminggu. Perubahannya bener-bener signifikan. Berat badanku turun drastis, padahal aku sama sekali ga pakai obat pelangsing, ga minum teh hijau, ga pakai korset yang mahal, bahkan aku juga ga gitu jaga makan (malam pun aku makan nasi seperti biasa). Sekarang, aku sudah 1 tahun jalanin olahraga cardio seperti ini dan sudah turun 11kg *ihiiiiyyy* perutku juga udah ga buncit lagi... Yang paling penting: kadar kolesterol juga berkurang dan badanku ga gampang sakit, padahal dulu aku sering banget sakit flu :-)

Banyak banget yang nanya kenapa aku kurus... Aku cuma bilang: latihan cardio aja 50 menit selama 5 hari seminggu. 20 menit pertama untuk pembakaran gula, 20 menit berikutnya untuk pembakaran lemak. Aku sama sekali gak saranin untuk minum obat diet karena menurutku kalo gak pernah olahraga, mana bisa lemaknya luruh, kalau mau ada perubahan secara signifikan, baiknya disiplin latihan cardio...

Aku juga pernah nyoba Yoga, aku seneng latihannya santai dan bikin otot kuat, tapi sekarang guru Yoga-ku sudah pindah ke Chille hiks :-( jadi biasanya aku ikutan Yoga di Bikram Yoga Kemang... Bikram juga manteb tuh, asli keringetnya bener-bener poll :) instrukturnya juga baik-baik, aku seneng sama cara Dyllan ngajar di kelas... Kalau mau extreme, bisa coba Bikram karena latihannya diruangan bersuhu 45 derajat celsius... *ceussshhhh panasss euy :-) Ada juga Ashtanga Yoga yang lebih soft dan fokus ke muscle strengtening. Aku juga suka Iyengar Yoga yang lembut dan latihannya bikin tubuh kita kuat...

Intinya, menurutku sih kalo mau kurus ya harus usaha dengan olahraga. Ada banyak jenis olahraga diluarsana yang bisa kamu pilih untuk jadi alternatif. Dulu waktu SMA, aku suka Basket & Tennis. Sekarang karena rumahku deket bgt dengan gym, aku suka cardio (treadmill / cross trainer) dan sering pasang video yoga di rumah.

Jadi gitu cerita kurusku :-) Semoga bermanfaat yaaa Folks...

Stay fit and stay healthy!!!