Tuesday, October 7, 2008

Gambaran Sistem Pendidikan di USA

Gambaran Sistem Pendidikan di USA

Beberapa teman dari Papua yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai sistem pendidikan di USA, mungkin berpikiran bahwa pendidikan di USA adalah hal yang sulit dicapai karena keterbatasan biaya dan lack of information. Bagi yang sangat ingin kuliah di USA namun tidak punya banyak biaya, jangan kuatir, ada banyak informasi yang bisa digali dari website di internet. Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai hal-hal teknis tersebut, ijinkan saya untuk memberikan sedikit gambaran mengenai sistem pendidikan di USA.
Informasi ini berdasarkan pengalaman saya hidup di Arizona. Biaya hidup di Arizona lebih murah dibanding dengan kota-kota lain di State. Selain biaya pendidikan, calon mahasiswa juga perlu memperhatikan biaya hidup. Di Arizona, public tax-nya flat sekitar $8,1 (beda jauh dibanding dengan biaya hidup di San Fransisco, CA, NY, DC, etc).

Setelah lepas SMA, biasanya orang-orang disini akan memilih utk bekerja lebih dahulu ataupun ada juga yang langsung menuju ke Universitas / College yang sudah menjadi sasaran sebelumnya. Keunggulan pendidikan disini adalah fasilitas lengkap, dan banyak tutorial service yang gratis. Tempat saya berkuliah di South Mountain Community College
(www.southmountaincc.edu) memiliki fasilitas bintang lima dalam hal pelayanan kepada student yang telah mendaftar. Gym - Fitness Center tersedia disini, Lapangan utk Jogging Track, Library dan Computer Lab yang terbuka untuk umum, dan ada sistem Community Education (yaitu kelas-kelas umum, misalnya kelas komputer, microsoft course, photography class, painting class, pottery class, foreign language class, dll yang ditawarkan dengan harga sekitar $35 per kelas dan semua orang bisa mengambil kelas non-kredit dan waktunya biasanya saat weeekend / malam hari). Waktu belajarnya pun singkat, hanya sekitar 2 sampai 3 jam dalam kurun waktu 2-3 kali pertemuan. Untuk pelajar SMA yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S-1, disarankan untuk mengambil kelas bahasa inggris dan test SAT agar dapat diterima di College-college di Amerika. Bagi calon mahasiswa pasca sarjana, disarankan untuk memiliki nilai TOEFL minimal 550 dan mempunyai GMAT/GRE.

Memilih kampus di USA

- University: Bedakan antara Public dan Private!

Public Uni seperti ASU ( Arizona State University), NAU (Northern Arizona University) dan UoA (University of Arizona) akan menetapkan syarat khusus agar kita bisa masuk. Misalnya: GPA: 3.00. Biaya lumayan mahal, karena public uni terkenal akan mutunya. Apabila ingin mencari kampus yang agak terjangkau, bisa juga mencari tambahan informasi di Private Uni, aku menemukan bahwa apabila kita pintar-pintar mencari kampus, ada beberapa Private University yang harganya lumayan terjangkau. di University Of Phoenix harga untuk 1 sks dari MBA Program adalah $500. Tapi, cycle-nya tidak seperti di Indo yang tiap 6 bulan sekali bayar SKS, disini cycle-nya per 6 minggu. Jadi apabila kita mengambil 3 SKS, maka kita akan membayar $1500 ($500 X 3 sks) per 6 minggu. Uang buku lumayan mahal, 1 buku yang baru bisa sekitar $150. Bisa diakalin dengan beli buku bekas via www.amazon.com (harga textbook rata-rata $70-$80). Selain itu juga harus bayar uang keaanggotaan perpustakaan per tahun $100.
Syarat masuk University selain GPA, international sudent juga perlu memperhatikan TOEFL. Minimal adalah 550. Utk program S-2: perlu pengalaman kerja 2 tahun dan ini harus dibuktikan dengan surat rekomendasi. Utk program MBA; harus punya nilai GMAT dan GRE.

- College: Pilih Public atau Private?

Pilihan yang paling murah adalah masuk ke Community College (public / own by government). Selain itu ada pula college yang harganya mahal, namanya private college - dimiliki oleh pihak swasta (ciri-cirinya: biasanya tidak diawali dengan nama kota dan tidak bertuliskan community college).
Untuk eligible mendaftar di public college, Syaratnya: harus membuktikan bahwa kita adalah resident di State tersebut dan sudah berdomisili sekitar 1 tahun. Kalau misalnya belum resident, biasanya akan diberi harga 4 kali lipat. Tapi bila sudah berdomisili 1 tahun akan langsung dpt harga yang murah. Di South Mountain Community College, harga 1 sks utk resident adalah $71, untuk yang non-resident (international student) $286.
Orang America biasanya mengambil program Associate Degree selama 2 tahun di College lalu akan meneruskan Baccalaurette program-nya (S-1) di Public Uni karena biaya 2 tahun di Community College lebih murah dibandingkan langsung masuk ke University. Saat sedang mengambil Associate degree atau setelah lulus Associate Degree biasanya mahasiswa America akan langsung mengambil Certification of Completion. Sertifikat ini juga ditawarkan di Community College utk menunjang practical/technical skill masing-masing student. Saya juga mengambil sertifikat di bidang Supervision and Management, jumlahnya sekitar 30 sks. Ada juga bidang lain seperti: Retail Management, Project Management, Certification Program in Health Science, Certificate in Computer / IT, dll.
Mahasiswa yang mengalami kesulitan bahasa bisa mengambil free tutorial di Academic Center. Atau bisa juga mengambil kelas ESL-English as a Second Language di kampus dan harganya lumayan murah ($71/sks).

Metode pengajaran: ground campus dan online learning. Disini, online learning adalah hal yg lumrah sekali karena menghemat biaya dan waktu.

Ujian: Biasanya tidak ada mid-test (UTS) dan hanya ada kuis + final exam. Tapi kebanyakan final-nya boleh open book.

Kehadiran: Maximal bolos: 3 kali. Bila lebih dari itu akan langsung kena dropped out atau bisa juga diberi nilai F oleh dosen. Bahaya kalo di transcript ada nilai F, kita butuh 3 nilai A utk merecover GPA agar tetap baik.

Kualitas Dosen: Pengajarnya rata-rata sudah berpengalaman dan biasanya sudah berlatar belakang pendidikan S-2. Salah satu dosen saya bergelar Doctor dari ASU dan mengajar mata kuliah Human Relations in Business. Ada lagi dosen mata kuliah Survey of Computer Information System yang lulusan graduate degree dari MIT-Massachusetts Institute of Technology, tidak terlalu mengarah kepada buku namun mengikuti trend yang sedang berjalan.

Pakaian: Bebas - sebebasnya. Saya sempat melongo saat pertama kali masuk kuliah, satu teman memakai sackdress dgn atasan tank top berwarna pink, plus bagian tubuh yng aduhai hahahha di Indonesia tidak pernah ada pemandangan begini.... America memang Free Country. Liberal sekali...
Buku: sama seperti Uni, harga buku juga tdk beda jauh di College.

- Beasiswa
Untuk memperoleh beasiswa, saya sarankan agar terus mencari via website dan juga menghubungi kampus yang bersangkutan. Beberapa situs beasiswa yang bisa menjadi pedoman adalah:
www.fastweb.com
www.scholarships.com
www.beasiswamu.com
www.rumahbeasiswa.com
www.databeasiswa.com

Apabila banyak waktu luang, diharapkan calon mahasiswa dapat menghubungi profesor atau konselor dari kampus yang ingin dimasuki sehingga dapat diberikan saran-saran serta bebas biaya pendidikan dan tidak menutup kemungkinan juga untuk mendapatkan bantuan biaya hidup.

Banyak mahasiswa asal Papua yang sukses belajar di USA dengan segala keterbatan, kuncinya adalah selalu mencari informasi, serta: ORA ET LABORA!

"When you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it!"

Semoga berhasil!

Amole,
Nisye Veronica Woru